Konsep Dasar Segitiga

Assalamu'alaikum wr.wb. Ibu Bapak guru dan sahabat serta anak-anak yang berbahagia, sedikit saya ulas mengenai konsep dasar segitiga. Hal ini perlu saya sampaikan karena ternyata tidak semua orang memahami konsep dasar segit Perhatikan pertanyaan saya di bawah ini.
  1. Pernahkan Ibu/Bapak dan anak-anak melihat segitiga?
  2. Pernahkah Ibu/Bapak mengukur luas segitiga?
Jika salah satu atau kedua pertanyaan tersebut dijawab dengan PERNAH, maka terjadi salah pemahaman terhadap segitiga. Perhatikan gambar di bawah.


Jika diberikan tiga gambar seperti di atas, dengan gambar A diasumsikan dibuat dengan sedotan yang disambung-sambung, gambar B dibuat dengan karton, dna gambar C dibuat dengan kawat, namun salah satu kawatnya melengkung.
Pertanyaannya: Manakah dari gambar di atas yang merupakan interprestasi sebuah SEGITIGA?
Jika ada yang menjawab B atau A dan B maka perlu ada pemahaman lebih lanjut. Jawaban dari pertanyaan tersebut adalah gambar A. Jadi gambar A-lah yang merupakan interprestasi dari sebuah segitiga.

Dan, gambar B merupakan model dari sebuah DAERAH SEGITIGA. Sedangkan gambar C bukan segitiga dan juga bukan suatu daerah segitiga. Jadi jelaslah bahwa SEGITIGA TIDAK MEMILIKI LUAS. Yang memiliki luas adalah DAERAH SEGITIGA.

Demikian penjelasan singkat dari saya mengenai konsep dasar segitiga.

No comments:

Post a Comment

Masalah Olimpiade Lainnya